Pembaruan Mengenai IndoAgri/IndoFood/Grup Salim

Berita-04.jpg
Home > Berita > Berita Umum > 2018 > Pembaruan Mengenai IndoAgri/IndoFood/Grup Salim
06 September 2018, Singapura – Kami berbagi kepedulian dengan para pemangku kepentingan kami mengenai pemasok pihak ketiga yang harus mematuhi komitmen yang telah ditetapkan dalam Kebijakan Keberlanjutan kami, terutama dalam menjaga transparansi untuk mendorong terjadinya perubahan. Kami secara aktif memantau para pemasok pihak ketiga kami untuk memastikan para pemasok tetap menjalankan komitmen NDPE mereka. 

Pada bulan November 2017, Panel Pengaduan RSPO mengumumkan bahwa verifikasi independen akan dilakukan untuk menentukan kebenaran dari tudingan tersebut. Verifikasi independen ini telah selesai dilakukan pada 8 Juni 2018. Panel Pengaduan RSPO saat ini sedang meninjau laporan yang dilakukan oleh tim verifikasi independen; status sertifikasi Indoagri dari Panel Pengaduan RSPO masih tertunda. 

Selain itu, Badan Sertifikasi, SAI Global, yang melakukan audit khusus pada Indofood, belum melaporkan kembali kepada pihak Accreditation Services International (ASI) perihal apakah status 'Ketidaksesuaian' telah diperbaiki. ASI adalah badan Akreditasi tunggal RSPO sejak tahun 2014. 

Mengingat penyelesaian keluhan ini telah berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan dan terdapat ketidakpastian akan hasilnya, sebagai tindakan pencegahan, Musim Mas telah mengehentikan sementara hubungan bisnis yang aktif dengan pemasok tersebut sejak 1 Agustus 2018. 

Meski demikian, kami akan terus melakukan pendekatan dengan pemasok untuk mendorong komunikasi aktif terkait laporan, karena berhenti membeli sementara waktu tidak sama dengan penyelesaian kasus keluhan terkait kepatuhan IndoAgri terhadap Prinsip dan Kriteria RSPO (P&C). Sebagai anggota RSPO yang berkomitmen, kami berpendapat bahwa setiap anggota RSPO harus diberikan kesempatan untuk mengatasi proses pengaduan. Penghentian sementara kami dalam hubungan bisnis dikarenakan penyelesaian kasus ini yang terlalu lama untuk memenuhi harapan para pemangku kepentingan. 

Akhir kata, kami menyerukan kepada seluruh pemangku kepentingan di industri ini untuk sama-sama mengambil tindakan atas kasus keluhan, terutama perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dengan Grup Salim yang lebih luas, seperti Indomaret. Pengaruh kami terhadap Grup Salim sangatlah terbatas, karena kami hanya membeli dari IndoAgri; kita memerlukan upaya industri terkait untuk mendorong transformasi di lapangan. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kasus keluhannya, silahkan klik di sini.

SEKIAN.  

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:
Carolyn Lim
Corporate Communications
coms@musimmas.com
+65 6576 4770