Home > Keberlanjutan > Hak Asasi Manusia > Tenaga Kerja
  

Tenaga Kerja

Labour-02.jpg

Menghargai Hak-hak Pekerja Kami 

Contents

Tenaga kerja yang terlibat membutuhkan lingkungan kerja yang kondusif. Kami berusaha untuk menyediakan lingkungan kerja yang setara atau lebih baik dari apa yang ditawarkan oleh industri. 

Itulah sebabnya kami melakukan investasi besar dalam infrastruktur, seperti jalan dan perumahan untuk menjamin kesejahteraan tenaga kerja. Setiap pekerja kami memiliki akses ke perumahan, air, pelayanan kesehatan, pendidikan dan fasilitas kesejahteraan.

Selain itu, kami memastikan bahwa gaji dan kondisi kerja bagi pekerja harus selalu memenuhi standar minimum secara hukum atau industri dan cukup untuk memberikan upah hidup layak. Diantara penilaian lainnya, kami juga meninjau kondisi pekerja kami, terutama apakah tingkat upah yang diterima oleh pekerja kami telah sesuai dengan kondisi ekonomi dan sosial saat ini. 

Kami tidak menggunakan kerja paksa atau buruh dagang dan tidak mempekerjakan tenaga kerja anak dalam operasi kami. Semua pekerja kami bebas membentuk dan bergabung dengan serikat buruh, serta untuk mengajukan tawaran secara kolektif.

Kami tidak mengizinkan pelecehan seksual di tempat kerja, dan kami mendukung kebijakan non-diskriminasi, tanpa memandang ras, asal negara, agama, usia atau serikat afiliasi.

Sebagai bagian dari usaha dalam meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja, kami melakukan pendekatan dengan LSM, Verite, untuk melakukan audit ketenagakerjaan yang kami jadikan basis untuk menerapkan perubahan dan perbaikan. 

Kesehatan dan keselamatan kerja


Occupational health safety.jpg









Kami memiliki komite yang bertanggung jawab terhadap Safety, Health, dan Environmental Quality (SHEQ) yang kami tempatkan di setiap lokasi untuk melaksanakan protokol standar keselamatan. 

Tugas utama komite ini adalah untuk mengidentifikasi sumber-sumber yang mungkin berbahaya, menjamin ketersediaan perlengkapan keamanan serta memantau kebutuhan pangan dan gizi para pekerja, serta tugas-tugas lainnya. 

Sebagai contoh, Pemadam Kebakaran adalah sub-komite SHEQ. Dalam setiap Perkebunan, terdapat tim pemadam kebakaran yang terlatih sehingga dapat memberikan layanan penyelamatan pada saat kebakaran. Semua pabrik dilengkapi dengan alarm peringatan kebakaran dan sistem pemadam kebakaran. Kami juga bekerja sama dengan pusat keselamatan kebakaran pemerintah daerah untuk melaksanakan uji coba pemadaman api. Selain itu, kami terus memberikan pelatihan secara rutin bagi para pekerja untuk mencapai standar keselamatan kebakaran yang tinggi.   

Kami bertujuan untuk menumbuhkan budaya kerja yang sadar terhadap keselamatan. Hal ini dilakukan dengan pelatihan reguler dan latihan, menanamkan kebiasaan untuk mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) yang  memadai seperti sarung tangan, helm, sepatu bot, masker dan pakaian keselamatan.

Dalam hal perawatan medis, ada 22 klinik yang terletak strategis di seluruh Perkebunan Musim Mas untuk memastikan akses yang mudah bagi pekerja yang mungkin memerlukan pertolongan pertama dan perlindungan kesehatan. Kami juga melakukan pemeriksaan bulanan kesehatan bagi pekerja yang menangani bahan kimia seperti herbisida dan pestisida untuk memastikan kesejahteraan mereka. 

Tidak Menggunakan Paraquat

No use of Paraquat.jpg







Paraquat merupakan herbisida yang umum digunakan dalam produksi tanaman di seluruh dunia, seperti buah-buahan, gula, teh, kopi dan kelapa sawit.

Banyak yang mengkritik Paraquat bahwa penggunaan dan penyalahgunaan Paraquat dapat menyebabkan kematian dan keracunan non-fatal, konsekuensi kesehatan akut dan kronis serta efek samping lainnya.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) telah menyerukan kepada Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) untuk melarang penggunaan Paraquat dalam operasi pertanian, sehingga potensi resiko kesehatan bagi pekerja Perkebunan dapat dikurangi.

Menurut Prinsip Pencegahan yang mendasari inti dari Prinsip dan Kriteria RSPO (P & C), kami mendirikan larangan pengunaan Paraquat secara sukarela di Perkebunan kami terhitung tanggal  1 Januari 2011 untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi pekerja kami.

Pendidikan 


education.jpg








Peran pendidikan sangat penting dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan mata pencaharian. Sebagai bagian dari layanan bagi para pekerja kami, Grup kami telah membangun dan mendanai lima sekolah dalam Perkebunan di seluruh Indonesia. Sekolah kami terletak di Provinsi Riau, Sumatera dan Kalimantan Tengah.

Sekolah-sekolah ini menyediakan pendidikan taman kanak (TK) dan pendidikan dasar bagi anak-anak Perkebunan dan pabrik pekerja, serta orang-orang dari masyarakat setempat yang berada di luar Perkebunan.

Grup kami juga secara rutin memberikan beasiswa kuliah dan beasiswa kepada anak-anak sekolah.