POIG: Partisipasi aktif dari Selfridges diperlukan untuk akhiri deforestasi demi minyak sawit

Berita-02.jpg
Home > Berita > Berita Umum > 2018 > POIG: Partisipasi aktif dari Selfridges diperlukan untuk akhiri deforestasi demi minyak sawit
26 Oktober 2018Palm Oil Innovation Group (POIG) mendesak jaringan department store Selfridges untuk mendukung upaya menuju industri minyak sawit yang bertanggungjawab.

Palm Oil Innovation Group (POIG) merespon pemberitaan, bahwa Selfridges akan menjualpie daging produksi Iceland, dengan mengajak jaringan departemen store tersebut untuk bergabung dengan POIG dalam berupaya memutus asosiasi minyak sawit dan deforestasi dengan membangun industri yang bertanggungjawab.

Selfridges belum lama ini menekankan tidak akan lagi menjual produk berbahan minyak sawit selepas Natal 2019, untuk menekan deforestasi akibat industri minyak sawit.

POIG sependapat dengan Selfridges dalam hal menanggulangi dampak lingkungan dari produksi minyak sawit. Namun, POIG yakin penghilangan minyak sawit bukan solusi deforestasi. POIG mengingatkan (Selfridges) untuk tidak berupaya menghilangkan minyak sawit karena hanya akan mengasingkan diri dari upaya kolektif perusahaan-perusahaan dunia yang sedang berupaya mereformasi industri minyak sawit dari sisi proses produksi.

Hanya upaya  bersama seluruh pemangku kepentingan yang dapat merubah kondisi di tempat minyak sawit diproduksi. Oleh karena itu POIG menganjurkan untuk mengatasi akar permasalahan dengan mewajibkan produsen barang-barang yang dijual di toko-toko Selfrdiges untuk hanya menerima minyak sawit yang ketelusurannya disertifikasi pihak ketiga tidak menyebabkan deforestasi maupun pelanggaran hak asasi manusia. 

Minyak Sawit bisa, dan seharusnya diproduksi dengan tetap menjaga hutan hujan dan Lahan Gambut , serta menghormati hak asasi. POIG adalah satu-satunya inisiatif antar-pihak yang mengusung tolok ukur kredibel, dan dibangun dari metode sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil yang diperkaya. Untuk dapat memberikan dampak serta menunjukkan keteladanan di industrinya, perusahaan seperti Selfridges dapat bergabung dengan POIG dan membeli hanya minyak yang diverifikasi POIG, yang kini sudah tersedia. POIG menyambut Selfridges untuk bergabung jika memang perusahaan tersebut berkomitmen untuk lebih berperan aktif dalam menciptakan rantai pasok minyak sawit yang transparan dan bertanggungjawab.

Silahkan merujuk ke situs POIG untuk pernyataan selengkapnya.

--SELESAI--