Musim Mas Group meresmikan fasilitas Penelitian & Pengembangan (R&D) dan Inovasi Pertamanya di Singapura

Berita-01.jpg


   



Home > Berita > Berita Umum > 2019 > Musim Mas Group meresmikan fasilitas Penelitian & Pengembangan (R&D) dan Inovasi Pertamanya di Singapura

Novel IDEAS Center akan fokus dalam memberikan inovasi dalam penerapan minyak sawit di sektor makanan dan minuman (F&B)

Singapura, 24 Oktober 2019 - Sebagai bagian integral dari strategi global, Grup Musim Mas secara resmi mengumumkan pembukaan Novel IDEAS Center, fasilitas R&D dan Inovasi senilai 10 juta SGD yang terletak di tengah Singapore Science Park. Novel IDEAS Center akan menjadi pusat R&D dan inovasi Grup Musim Mas yang pertama di Singapura.

DSC_4157.JPG






Fokus dari fasilitas ini adalah untuk mengembangkan solusi baru dalam menggunakan functional blend berbasis minyak sawit dan Specialty Fats untuk memenuhi berbagai kebutuhan di industri F&B. Fasilitas ini juga akan menciptakan konsep dan formulasi baru agar tetap terdepan dalam mengikuti tren F&B, serta memanfaatkan peluang untuk masuk ke pasar yang baru. Memiliki tenaga kerja yang berjumlah 37.000 karyawan di lebih dari 13 negara, kedepannya Novel IDEAS Center akan menambah jumlah karyawan Grup Musim Mas di Singapura dan saling bersinergi dengan dua laboratorium Grup Musim Mas di Indonesia.

“Singapura adalah lokasi yang ideal untuk fasilitas R&D dan Inovasi internasional pertama kami, sebagai pusat inovasi regional dengan infrastruktur logistik yang baik, dan terdiri dari kumpulan para ahli yang memadai dalam teknologi pangan,” ungkap Sam Appalasami, Head of Functional Product and Novel IDEAS Center. “Novel IDEAS Center akan berfungsi sebagai penghubung penting antara Musim Mas dan pelanggan kami untuk menghadirkan inovasi yang erat dengan persaingan pasar. Pekerjaan yang kami lakukan di sini akan diterjemahkan menjadi solusi yang mutakhir untuk industri makanan, seperti makanan panggang yang lebih sehat, alternatif produk olahan susu, coklat yang lebih enak dengan menggunakan lemak coklat alternatif, dan masih banyak lagi.”

Menempati ruang seluas 666,02 meter persegi, Novel IDEAS Center terdiri dari tiga lab aplikasi, satu lab analitik, dan ruang sensorik. Lebih dari 20 staf, yang sebagian besarnya adalah ilmuwan dan ahli makanan akan bergabung dengan kantor pusat Singapura.

Masing-masing tiga laboratorium aplikasi tersebut akan fokus pada berbagai bidang penelitian dibawah ini:

  • Laboratorium Confectionary: berfokus pada penggunaan Specialty Fats dan Emulsifier dalam aplikasi seperti coklat cetakan (chocolate molding), pelapis, isian, coklat spread, dan permen.
  • Laboratorium Bakery dan Makanan Asia: berfokus pada penggunaan functional blend Musim Mas dalam produk makanan seperti roti, kue bolu, roti kukus dan mie.
  • Laboratorium Frozen Dessert dan Produk Olahan Susu: berfokus pada penggunaan Emulsifier Musim Mas yang dipilih secara khusus dan campuran stabilizer untuk produk olahan alternatif dan berbasis susu, makanan beku penutup, seperti es krim lembut dan yoghurt beku

DSC_4174.JPG






Food technologists menyiapkan sampel kue kering di laboratorium Bakery dan Makanan Asia.

Laboratorium Analitik akan memberikan wawasan seputar sifat dan karakteristik dari produk makanan yang menggunakan Specialty Fats produksi Musim Mas dan functional blend. Dengan mengumpulkan data dari makanan yang relevan, Musim Mas dapat memantau kualitas dan keamanan produk, memenuhi persyaratan pasar, dan menguji kelayakan formulasi dan konsep baru.

Di Ruang Sensorik, penguji dapat mencicipi makanan yang telah disiapkan di pusat R&D. Ruang Sensorik ini menggunakan teknologi yang disesuaikan dengan berbagai indera seperti penglihatan, bau, rasa, dan sentuhan. Penguji kemudian dapat memberikan umpan balik kepada Musim Mas tentang cara meningkatkan resep lebih lanjut.

“Musim Mas adalah satu dari sedikit perusahaan kelapa sawit yang mampu mengekstraksi nilai inovasi dari fasilitas seperti Novel IDEAS Center,” kata Sam Appalasami, Head of Functional Product and Novel IDEAS Center. “Kami beroperasi secara global, dan di seluruh rantai nilai minyak sawit, dari Perkebunan hingga aplikasi hilir. Hal tersebut memberikan kami kontrol atas pasokan, biaya, dan kualitas bahan baku untuk dituangkan ke dalam R&D dan inovasi kami. "

"Inovasi adalah kunci dari pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Singapura yang berkelanjutan," kata Mr Dino Tan, Direktur (Bisnis Keluarga), Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura. “Kami sangat senang Musim Mas memilih Singapura sebagai lokasi Novel IDEAS Center yang baru, yang mana memungkinkan perusahaan dan pelanggannya untuk bersama-sama berinovasi dalam menghasilkan produk-produk baru dan menarik bagi cita rasa Asia. Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Musim Mas, dan perusahaan sejenis lainnya, untuk memperkuat ekosistem R&D dan inovasi di Singapura.”

DSC_4534.JPG






Berpartisipasi dalam peresmian Novel IDEAS Center adalah (kiri ke kanan) Mr Alvin Lim, Direktur, Musim Mas Group; Menteri Senior Negara Singapura untuk Perdagangan dan Industri dan Pendidikan Mr Chee Hong Tat; Mr EK Lim, Direktur, Musim Mas Group; Mr Douglas Leong, Penasihat Umum, Kepala Bagian Hukum, Musim Mas Group; Mr Sam Appalasami, Head of Functional Product dan Novel IDEAS Center.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Carolyn Lim
Corporate Communications
media@musimmas.com
+65 6576 4770